5 Cara Mudah Cek Kartu Sudah Terdaftar Atau Belum

Cek Kartu Sudah Terdaftar  – Peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) menyebutkan bahwa setiap nomor yang digunakan harus terdaftar menggunakan NIK KTP dan NKK yang tercatat di DISDUKCAPIL. Hal ini tentu dilakukan untuk membuat pemerintah lebih mudah menjaga keamanan dan meminimalisir kejahatan cyber yang terus menerus berkembang.

Sejak dikeluarkannya peraturan ini, otomatis siapapun anda tanpa terkecuali wajib mendaftarkan NIK KTP dan NKK anda menggunakan nomor handphone yang anda gunakan. Jika tidak tentu anda akan mendapatkan konsekuensinya.

Advertisements

Konsekuensi jika nomor yang anda gunakan tidak terdaftar dapat anda rasakan secara bertahap. Misalnya di peringatan pertama anda tidak dapat melakukan panggilan keluar, diikuti tidak dapat menerima panggilan masuk, layanan internet terganggu, hingga nomor diblokir sepenuhnya.

Tentu jika nomor sudah terlanjur diblokir sepenuhnya, maka nomor ini tidak akan dapat anda gunakan. Betapa sayangnya nomor yang anda gunakan bertahun-tahun harus hangus hanya karena anda tidak mendaftarkannya. Itulah mengapa setiap anda, apapun provider nomor anda harus melakukan registrasi kartu.

Pasca registrasi kartu, ternyata anda tidak dapat langsung merasa tenang. Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah kartu anda benar sudah terdaftar atau belum. Cara cek kartu sudah terdaftar atau belum pada masing-masing provider bisa saja berbeda. Hal inilah yang kemudian mungkin membuat anda bingung harus melakukan apa.

Namun saat ini anda dapat merasa lebih tenang, karena pada penjelasan berikutnya akan dijelaskan mengenai berbagai cara cek kartu sudah terdaftar atau belum dari masing-masing provider. Jadi simaklah penjelasannya berikut ini dan pilih mana cara yang sesuai dengan provider yang anda gunakan.

Cara Cek Kartu Sudah Terdaftar atau Belum pada 5 Provider Berbeda

Setelah anda cukup jelas betapa pentingnya memastikan kartu sudah terdaftar, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mencobanya. Walau anda merasa sudah pernah melakukan registrasi, tidak ada salahnya anda memeriksakan kembali status anda.

Cobalah periksa kartu anda sudah terdaftar atau belum menggunakan cara yang sesuai dengan provider yang anda gunakan. Berikut ini cara yang dapat dilakukan pada 5 provider yang berbeda.

  1. Cara Cek Registrasi Kartu Indosat

Anda yang merupakan pelanggan Indosat dapat memeriksa status registrasi kartu anda dengan menggunakan layanan SMS. Cara mengirim SMS untuk informasi status registrasi adalah dengan mengirimkan kode yaitu INFO#NIK dan kirim ke operator 4444. Setelah itu, akan ada SMS balasan terkait informasinya. Baca Cara Mudah Mengatasi kartu TRI yang Kesedot Pulsa

Advertisements
  1. Cara Cek Registrasi Kartu Smartfren

Selanjutnya, untuk anda yang merupakan pengguna kartu Smartfren pun dapat memeriksa apakah kartu sudah terdaftar atau belum. Cara memeriksa nomor Smartfren berdasarkan paparan dari providernya dapat dilakukan melalui halaman website Smartfren.

Website yang dapat anda kunjungi adalah halaman https://my.smartfren.com/check_nik.php. Pada halaman tersebut anda dapat mengisi informasi yang dibutuhkan lalu anda akan mendapatkan informasi yang dinginkan.

  1. Cara Cek Registrasi Kartu Telkomsel

Jika anda merupakan pengguna kartu Telkomsel, maka memeriksa kartu sudah terdaftar atau belum dapat anda lakukan dengan menggunakan layanan websiter juga. Layanan website dari Telkomsel ada di halaman https://telkomsel.com/cek-prepaid. Silahkan kunjungi halaman tersebut dan isi informasi yang diminta untuk dapat mengetahui status nomor anda.

  1. Cara Cek Registrasi Kartu Tri/ 3/ Three

Pengguna Tri provider yang murah dan sangat terjangkau paketnya ini dapat juga memeriksa status kartunya. Sama seperti kebanyakan provider lain, Tri menyediakan layanan webiste untuk memeriksa status registrasi anda.

Halaman website yang dapat anda akses adalah pada link berikut https://registrasi.tri.co.id. Jika sudah ikuti instruksi yang diberikan dan dapatkan informasi status kartu anda.

  1. Cara Cek Registrasi Kartu XL Axiata

Terakhir untuk anda para pelanggan kartu XL dan Axis, maka anda dapat memanfaatkan layanan kode dial untuk mengetahui  statusnya. Kode dial yang harus anda hubungi adlaah *123*4444#. Cobalah kirim kode panggilan ini di telepon anda dan akan muncul pemberitahuan terkait status registrasi ini.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa saja cara cek kartu sudah terdaftar atau belum dari 5 provider yang berbeda. Semoga anda dapat segera mengetahui status nomor kartu anda dan dapat memastikannya sudah benar terdaftar registrasi. Baca Cara Sederhana Menghentikan SMS Dari Operator 3

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kartu anda belum teregistrasi, maka segeralah lakukan pengulangan registrasi. Jangan menunda-nunda lagi dan malah menyebabkan anda lupa dan membuat nomor anda diblokir. Semoga informasi yang dijelaskan dapat membuat anda semakin peka dalam memastikan nomor anda sudah digunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku!

Advertisements