Apakah Barang Gadai yang Sudah Jatuh Tempo Bisa Diperpanjang

Pegadaian menjadi suatu solusi yang dapat Anda datangi ketika mengalami masalah keuangan. Peminjaman dana dilakukan dengan sistem gadai, sesuai dengan nama perusahaannya. Jadi ketika Anda hendak meminjam sejumlah dana, jangan sampai Anda bertangan kosong ketika datang ke kantornya.

Barang yang hendak Anda gadaikan akan menentukan besaran dana yang akan Anda terima.

Advertisements

Apa saja Jenis Barang yang bisa digadaikan?

Pegadaian memberikan keleluasaan kepada pelanggannya dalam memberikan barang gadai. Hal tersebut tergantung dari berapa jumlah dana yang dibutuhkan oleh nasabah itu sendiri. Semakin besar dana yang hendak Anda pinjam, maka semakin besar pula nilai taksir barang yang Anda perlukan. Sebaiknya Anda membawa kwitansi pembelian barang gadai Anda agar harga taksirnya bisa sesuai dengan harga awal saat Anda melakukan pembelian.

Beberapa contoh barang yang bisa Anda gadaikan adalah kendaraan bermotor baik itu motor, mobil, bahkan hingga truk. Harga beli kendaraan bermotor tentunya tidak sedikit sehingga Anda bisa meminjam dana dalam jumlah yang cukup besar. Baca Kisaran Harga Gadai HP Samsung di Pegadaian

Selain kendaraan, Anda juga bisa menggadaikan barang elektronik seperti laptop, TV, kulkas dan sebagainya. Pastikan Anda menggadaikan barang elektronik yang dibeli kurang dari satu tahun terakhir agar harga taksirnya tidak terlalu jauh.

Barang gadai yang populer tentunya adalah perhiasan baik itu cincin, gelang, kalung yang memiliki nilai jual. Perhiasan emas memiliki nilai gadai yang disesuaikan dengan beratnya. Namun sistem peminjaman dana tidak dapat seratus persen didapatkan oleh penggadai. Pinjaman dana dihitung dengan cara yang telah ditetapkan oleh kantor Pegadaian.

Cara perhitungannya cukup mudah yaitu delapan puluh lima persen dari harga taksir barang yang Anda gadaikan. Jangan lupa catat tanggal jatuh tempo dari barang yang Anda gadaikan agar tidak terkena denda dari pihak pegadaian. Lalu, apakah barang gadai yang sudah jatuh tempo bisa diperpanjang? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui penjelasannya.

Advertisements

Bagaimana Nasib Barang Gadai yang Sudah Jatuh Tempo?

Apakah Barang Gadai yang Sudah Jatuh Tempo Bisa Diperpanjang

Pegadaian memiliki aturan khusus mengenai barang yang digadaikan. Pastikan Anda telah memahami dengan baik mengenai aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Pegadaian. Berikut ini beberapa aturan yang perlu Anda cermati dengan baik.

Barang gadai yang telah jatuh tempo akan dikenakan denda atau dikenal dengan biaya titip barang. Biaya ini disesuaikan dengan harga barang yang Anda gadaikan. Namun biaya titip ini dihitung per hari sejak tanggal jatuh tempo, sehingga semakin lama Anda tidak membayar maka semakin besar denda yang harus Anda bayar kelak. Oleh karena itu jangan lupa untuk melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo.

Pertanyaannya saat ini adalah apakah barang gadai yang sudah jatuh tempo bisa diperpanjang? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Dilansir dari berita terbaru, pihak Pegadaian saat ini telah menerapkan aturan yang tegas mengenai status barang gadai. Barang gadai yang dua minggu setelah jatuh tempo tidak ditebus, maka akan dilelang melalui etalase kantor sehingga tidak dapat Anda tebus lagi.

Hitung dulu harga taksir dan harga pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari pegadaian. Hal ini akan mempengaruhi dana yang Anda dapatkan sebagai pinjaman dan besaran denda yang harus Anda bayar ketika melebihi waktu jatuh temponya. Baca Bahaya Lewat Tanggal Jatuh Tempo Angsuran Pegadaian

Jangan sampai nilai pinjaman Anda lebih besar dibandingkan dengan harga taksir dari barang yang hendak Anda gadaikan. Jangan sampai lupa membayar angsuran agar barang gadai Anda bisa kembali ke pelukan dan tidak ada lagi pertanyaan mengenai apakah barang gadai yang sudah jatuh tempo bisa diperpanjang.