Apakah Fitur Utama Pinjaman Tanpa Agunan?

Pinjaman tanpa agunan ialah pinjaman yang tidak memerlukan jaminan atau agunan sebagai syaratnya. Agunan atau jaminan yang dimaksud bisa jadi surat-surat berharga, properti, kendaraan bermotor, emas sampai barang elektronik.

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan tentu harus memahami fitur-fiturnya. Apa sajakah fitur utama pinjaman tanpa agunan ini? Simak infonya berikut ini :

Advertisements
  1. Plafon pinjaman

Plafon pinjaman ialah nominal uang yang bisa diperoleh debitur dalam kredit. Plafon pinjaman di tiap bank berbeda-beda. Namun untuk pinjaman tanpa agunan, marginnya terbilang tinggi. Rata-rata, debitur bisa memperoleh pinjaman sampai maksimal Rp 500 juta. Namun, realisasi pinjaman tentu akan disesuaikan dengan kemampuan debitur.

  1. Tenor panjang

Tenor pinjaman merupakan jangka waktu yang diberikan bank kepada debitur untuk melunasi pinjamannya. Masa tenor pinjaman berbeda-beda. Untuk pinjaman tanpa agunan, tenor yang diberikan berkisar antara 2 – 15 tahun. Baca 7 Lokasi Pinjam Uang 30 Juta Tanpa Jaminan

  1. Pencairan cepat

Proses pinjaman tanpa agunan juga termasuk sangat singkat. Cocok digunakan ketika anda butuh dana mendesak. Paling cepat, pencairan dananya ialah 3 hari.

  1. Syaratnya mudah

Fitur ini menjadi ciri khas dari pinjaman tanpa agunan. Syarat pinjaman tanpa agunan relatif mudah karena calon debitur tidak perlu repot menyiapkan agunan yang bisa diterima oleh bank. Syarat yang diperlukan biasanya berkaitan dengan identitas diri dan pekerjaan saja.

  1. Bunga relatif rendah

Suku bunga pinjaman tanpa agunan bervariasi, ada yang menerapkan suku bunga 0,88% per bulan, yang menerapkan 1,5% juga ada. Jenis suku bunga yang ditetapkan bisa flat atau efektif.

  1. Top-up

Top Up artinya menambah pinjaman lagi ketika pinjaman sebelumnya belum dilunasi. Ada banyak alasan seseorang melakukan top up, entah  itu karena ada kebutuhan mendadak, salah perhitungan kebutuhan dana di pinjaman pertama, atau alasan-alasan yang lainnya. Fasilitas Top Up ini umumnya sudah tersedia di seluruh bank. Ketika melakukan top up, otomatis angsuran dan pinjaman pokok debitur menjadi bertambah.

Advertisements

Itulah beberapa fitur utama yang terdapat pada pinjaman tanpa agunan. Simak informasi tentang pinjaman tanpa agunan lainnya di bawah ini.

Beberapa Bank yang Menyediakan Pinjaman Tanpa Agunan

  1. Bank BRI

Bank BRI memiliki pinjaman tanpa agunan yang disebut BRIGuna Karya. Tenor di BRIGuna Karya ialah 12 – 60 bulan. BRIGuna Karya memfasilitasi kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga bervariasi. Baca 10 Web Pinjaman Bulanan Online Langsung Cair

Untuk pinjaman 12 sampa 24 bulan, bunga cicilan 13% per tahun dengan angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan hingga 60 bulan, cicilan bunga yang mesti dibayar mulai dari 13,5% per tahun.

  1. Bank Mandiri

Bank Mandiri punya pinjaman tanpa agunan yang disebut Kredit Serbaguna Mikro (KSM). Masa tenor pinjaman di Bank Mandiri tergolong sangat lama, yakni mencapai 15 tahun.

Pinjaman ini ditujukan untuk karyawan di Bank Mandiri yang disebut dengan Mandiri KSM adalah pinjaman yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendidikan, kesehatan, pernikahan, hingga renovasi rumah.

  1. Bank BCA

Pinjaman tanpa agunan di Bank BCA disebut dengan BCA Personal Loan. Berbeda dengan bank-bank lainnya, tenor pinjaman tanpa agunan di Bank BCA paling lama hanya sampai 3 tahun saja. Namun bunga yang diterapkan tergolong kompetitif, yakni 1%. Persyaratan pendapatan calon debitur juga relatif rendah dibandingkan standar yang biasa diterapkan, yakni Rp 2 – 2,5 juta.

  1. Bank BNI

Pinjaman tanpa agunan di Bank BNI disebut dengan BNI Fleksi. Sama dengan Bank Mandiri, masa tenor BNI Fleksi juga mencapai 15 tahun. Sementara plafon maksimal pinjamannya adalah 500 juta. Untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan BNI, gaji calon debitur harus sudah tersalur melalui payroll Bank BNI.

  1. Bank BTN

Bank BTN memiliki pinjaman tanpa agunan yang disebut dengan Kredit Ringan BTN. Pinjaman tanpa agunan di Bank BTN ini dapat dikembalikan sampai 15 tahun. Jangka waktu tersebut tentu sangat fleksibel. Dana pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp 500 juta. Baca 10 Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji

Di Bank BTN, anda bisa memperoleh kredit dengan suku bunga yang ringan, yakni jika gaji yang dimiliki telah dibayarkan menggunakan fasilitas BTN payroll.

Advertisements