Bahaya Lewat Tanggal Jatuh Tempo Angsuran Pegadaian

Dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan jasa pegadaian, tidak sedikit yang punya pertanyaan lewat tanggal jatuh tempo pegadaian apakah barang yang digadaikan akan hilang? Adanya pertanyaan tersebut tentu saja sangatlah wajar karena sebagaimana yang kita ketahui yang namanya memakai jasa pegadaian maka harus ada barang yang digadaikan.

Kemudian semisal dari pihak yang melakukan gadai barang ini tidak mampu melunasi maka barang jaminan yang digadaikan akan dilelang.

Advertisements

Benarkah Barang Yang Dijadikan Jaminan Di Pegadaian Akan Hilang Setelah Jatuh Tempo?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu yang menjadi alasan saat ini banyak yang memilih menggadaikan barang di tempat-tempat pegadaian. Tidak bisa dipungkiri yang namanya kebutuhan yang mendesak itu bisa datang kapan saja. Baca Segini Harga Gadai Laptop HP di Pegadaian

Mulai dari biaya untuk merenovasi rumah, biaya servis mobil yang mengalami kecelakaan, biaya sekolah anak, sampai biaya untuk berobat ke rumah sakit. Tentunya biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan-kebutuhan seperti yang disebutkan tadi tidaklah sedikit dan yang menjadi masalah adalah tak sedikit masyarakat yang tidak punya dana darurat.

Jadinya jalan satu-satunya untuk bisa mendapatkan dana dengan cara cepat adalah dengan jalan berhutang. Tetapi tentu tidak mudah juga mencari tempat pinjaman yang bunganya tidak mencekik para nasabahnya dan salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan dana dengan bunga yang terjangkau adalah pegadaian.

Bahaya Lewat Tanggal Jatuh Tempo Angsuran Pegadaian

Advertisements

Kembali pada pertanyaan soal lewat tanggal jatuh tempo pegadaian kira-kira barang akan hilang atau tidak untuk jawabannya akan dijelaskan di bawah ini. Jadi ini bisa sekaligus menambah informasi bagi kalian yang mungkin saja berencana untuk menggadaikan barang berharga milik kalian nantinya.

Dari pihak kantor pegadaian resmi sebenarnya telah merilis pengumuman resmi bila barang yang telah memasuki jatuh tempo namun dari pihak pemiliknya tak kunjung juga menebus maka barang tersebut bakal dilelang. Baca Kisaran Harga Gadai HP Samsung di Pegadaian

Yang perlu menjadi catatan adalah pegadaian resmi di bawah naungan BUMUN juga tetap memberikan tenggang waktu selama dua minggu lamanya untuk penebusan. Apabila dalam tenggang waktu tersebut tetap tidak dilakukan langkah penebusan maka dari pihak nasabah mesti merelakan barang yang dijadikan jaminan untuk dilelang.

Sampai di sini sudah cukup jelas sekiranya tentang pertanyaan lewat tanggal jatuh tempo pegadaian barang yang digadai hilang atau tidak maka jawabannya adalah benar. Tetapi ingat yang dimaksud dengan istilah hilang di sini bukan tiba-tiba saja hilang begitu saja melainkan akan dilelang dan nasabah sendiri juga diberikan tenggang waktu penebusan yang terbilang cukup lama karena sampai dua minggu. Karena itulah perlu juga untuk menyimak beberapa tips di bawah ini agar tidak sampai kehilangan barang karena tidak kunjung ditebus.

  • Perhatikan tabel angsurannya

Sangat penting untuk memperhatikan tabel angsurannya karena dari sinilah nasabah bisa mempersiapkan dana untuk membayar angsuran sampai lunas. Jadi mesti dipersiapkan betul agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran atau sampai terjadi cicilan macet yang berujung dengan dilelangnya barang.

  • Pilih pegadaian syariah atau non syariah

Kemudian ada dua opsi saat ingin menggadaikan barang yang pertama lewat pegadaian konvensional kemudian lewat pegadaian syariah. Pada pegadaian yang syariah ini dari pihak nasabah tidak dikenakan pembayaran bunga bulanan dan ini menjadi daya tarik tersendiri. Jadi coba membandingkan keunggulan dari produk gadai keduanya dan pilih yang paling menguntungkan dan tidak terlalu memberatkan nasabah. Baca Hitung Simulasi Gadai Emas Pegadaian Dapat Bunga Berapa

Sekian informasi seputar lewat tanggal jatuh tempo pegadaian apakah barang jaminannya hilang atau tidak, semoga bermanfaat.