Jika Gadai Emas Tanpa Surat Apakah Bisa?

Bisa tidak gadai emas tanpa surat? pertanyaan ini sering dilontarkan beberapa orang. Emas merupakan investasi yang cukup menjanjikan. Masyarakat di Indonesia sendiri sudah sejak lama menjadikan emas sebagai investasi karena harga jualnya yang cukup tinggi, serta mendapatkan timbal baik yang besar.

Daya tarik emas salah satunya yaitu mudah dijual dan digadai menjadikan emas digemari banyak orang. Emas bisa dijadikan investasi untuk jangka panjang maupun jangka pendek, seperti saat butuh dana darurat.

Advertisements

Gadai emas menjadi alternatif solusi yang cukup baik, karena Anda akan mendapatkan uang dengan cepat tanpa takut kehilangan emas atau perhiasannya karena sewaktu waktu bisa ditebus kembali jika sudah memiliki uang. Baca Kisaran Harga Gadai HP Samsung di Pegadaian

Sistem Gadai Emas

Jika terjadi kondisi yang tidak menguntungkan, seperti usaha tiba-tiba jatuh bangkrut, terjadi kecelakaan, atau kebutuhan untuk pendidikan anak yang membutuhkan uang cukup banyak. Akan mendesak seseorang untuk memiliki uang dengan cepat, sehingga mereka harus menjual atau menggadaikan emas, kendaraan atau barang lain yang dimilikinya.

Jika Gadai Emas Tanpa Surat Apakah Bisa?

Proses penggadaian emas akan lebih cepat jika persyaratannya lengkap, maka dari itu hindari gadai emas tanpa surat. Untuk emas bentuknya dapat berupa perhiasan atau emas batangan antam. Jika harga emas masih belum naik dan masih ingin memiliki emas tersebut, tapi Anda butuh uang secara mendadak, Anda dapat menggadaikannya terlebih dahulu di Bank-bank Syariah maupun Pegadaian Syariah. Dana yang cair dari gadai emas juga lumayan cukup besar.

Advertisements

Sistem gadai emas syariah tidak berbeda jauh dengan pinjaman di Bank. Gadai emas bisa dilakukan di Bank-bank Syariah atau di Pegadaian. Sistem gadai emas di pegadaian sama halnya dengan gadai kendaraan bermotor atau barang elektronik.

Bedanya di sini hanya barang jaminannya berupa emas. Jadi, menggadai barang tanpa surat keterangan di pegadaian bisa jadi tidak memungkinkan, karena  surat resmi tersebut menjadi bukti yang kuat dan salah satu syarat yang wajib dimiliki. Baca Melihat Suku Bunga Pegadaian Emas

Surat emas menjadi hal yang penting karena dengan surat tersebut petugas akan mencocokkan kondisi fisik emas dengan keterangan yang tertera pada surat ataupun sertifikat. Namun, tidak menuntut kemungkinan hal tersebut bisa saja terjadi. Beberapa kantor pegadaian bahkan ada yang memperbolehkan gadai motor tanpa BPKB.

Maka bisa jadi gadai emas tanpa surat di pegadaian diperbolehkan. Sehingga mempermudah seseorang untuk mendapatkan uang. Tapi perlu diingat proses pencairan uangnya mungkin akan sedikit lebih lama karena perlu adanya pengecekan terhadap emas tersebut terlebih dahulu.

Syarat Gadai Emas

Syarat-syarat berikut ini harus dipenuhi jika Anda ingin menggadaikan emas di Pegadaian, diantaranya :

  • KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Emas sebagai jaminan
  • Syarat lain disesuaikan dengan model pembiayaan yang diambil

Kerugian Gadai Emas

Perlu diperhatikan sebelum menggadaikan emas buatlah perhitungan terlebih dahulu mengenai kondisi keuangan keluarga, kalkulasikan kembali kondisi keuangannya apakah mampu untuk membayar biaya gadai dengan bunga tertentu dan apakah mampu menebus kembali emas tersebut sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditentukan dikemudian hari. Baca Hitung Simulasi Gadai Emas Pegadaian Dapat Bunga Berapa

Jika perhitungannya tidak tepat, akan menyulitkan kita saat melakukan tebus gadai nanti dan berujung pada pelunasan yang terhambat sehingga akan muncul biaya bunga setiap bulannya. Persiapkan juga persyaratannya karena gadai emas tanpa surat memiliki beberapa kekurangan. Walaupun biaya gadai emas yang cukup besar, kita tidak akan tekor karena telah menggadaikan emas tapi perlu dipikirkan dengan matang.