Kerugian Jika Hutang Bank Tidak Dibayar

Bayar hutang itu sudah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh siapa saja yang berhutang. Begitu juga dengan bank yang pastinya lebih profesional dalam menangani debitur yang punya hutang. Ketika giliran ditagih, akan ada banyak alasannya.

Padahal, bank itu tidak boleh asal-asalan dalam menyetujui sebuah pengajuan pinjaman. Akan ada serangkaian aturan dan juga prosedur yang wajib mereka ketahui. Dengan begitu, bank tidak dirugikan dan nasabah pun juga tidak dirugikan.

Advertisements

Makanya kalau Anda punya hutang dengan bank, maka sebaiknya Anda patuhi kewajiban bayar hutang sesuai dengan ketentuan. Kalau sampai hutang bank tidak dibayar nantinya akan ada akibat-akibat yang terjadi, diantaranya yaitu

Terus-terusan Ditelepon

Bayar hutang, hutang bank tidak dibayar terus ditunda-tunda. Siap-siap saja ditelepon terus-terusan oleh pihak bank. Ketika ditelepon satu atau dua kali masih bisa maklum. Namun, kalau sampai ditelepon terus berkali-kali pasti sangat tidak menyenangkan.

Bukan tanpa alasan ketika bank menelepon terus-terusan sampai berkali-kali. Seandainya seorang debitur tidak punya itikad baik untuk melunasi hutangnya, oleh karena itulah pihak bank tidak akan tinggal diam.

Anda sebagai debitur pasti akan lama kelamaan akan bosan juga jika terus-terusan di telpon oleh pihak bank. Maka dari itulah sebaiknya Anda pertimbangkan kembali sebelum mengajukan pinjaman.

Didatangi Debt Collector

Hal ini lebih tidak enak lagi. Anda pastinya tahu yang namanya debt collector. Anda juga pastinya pernah melihat cara kerja mereka. Debt collector atau penagih utang ini memang secara legal biasa dipakai jasanya oleh bank agar urusan bayar hutang bisa lancar.

Bank pun tidak akan asal-asalan menggunakan jasa mereka. Ada berbagai aturan-aturan yang wajib bank patuhi kalau ingin menggunakan jasa debt collector. Baca

Buat Anda, wajib mengetahui aturan yang diberlakukan terhadap bank ketika menggunakan jasa tagih hutang ini. Jasa debt collector baru bisa akan digunakan bank bila debitur telah menunggak dalam pembayaran hutang selama 90 hari.

Terus dalam proses penagihan dari hutang bank tidak dibayar, maka debt collector tidak boleh memberikan ancaman ataupun tindakan kekerasan, baik secara verbal maupun fisik. Penagihan hutang pun juga ada waktunya, yaitu mulai dari pukul 8 pagi sampai 8 malam.

Advertisements

Sebagaimana pun Anda untuk menghindar dari debt collector maka tersebut tidak akan bisa terjadi. Karena pihak debt collector ini akan terus mencari Anda.

Skor Kredit di SLIK OJK Bisa Jelek

Janganlah Anda main-main sama hutang. Selain bisa ditelepon terus-terusan dan juga dikejar-kejar oleh debt collector, maka skor kredit Anda di SLIK OJK juga bisa jelek nantinya.

Kalau skor kredit sudah menjadi jelek, pengajuan pinjaman Anda bisa dipastikan bakal ditolak. Misalnya saja Anda berencana mau beli rumah dengan KPR. Begitu bank mulai menyelidiki tentang histori kredit dan juga skor kredit Anda, maka bank langsung menolak begitu saja pengajuan KPR Anda.

Karena itulah, pentingnya bayar hutang sesuai dengan ketentuan, baik hutang KTA maupun hutang kartu kredit. Selain itu pula dengan jeleknya skor kredit karena hutang bank tidak dibayar maka pengajuan kartu kredit Anda  juga kemungkinan kecil bisa disetujui.

Meningkatkan Angka Non-performing Loan

Akibat lainnya kalau bayar hutang sampai menunggak yaitu meningkatnya angka non-performing loan (NPL). Bank tidak akan mau kalau sampai angka NPL meningkat. Sebab hal tersebut bakal bisa berpengaruh pada kondisi dan penilaian terhadap bank itu sendiri.

Perlu Anda ketahui, NPL yaitu ukuran yang biasa dipakai buat mengetahui sehat atau tidaknya suatu bank. Semakin tinggi angka NPL pada suatu bank, maka akan semakin tidak sehat bank tersebut. Akibatnya, banyak bank kekurangan modal buat untuk memberikan pinjaman nantinya. Ujung-ujungnya tidak bisa memenuhi banyaknya permintaan pengajuan kredit ataupun pinjaman.

Ternyata akibat hutang bank tidak dibayar atau pembayaran yang tidak lancar sangat merugikan.  Kalau Anda tidak ingin hal itu terjadi, maka gunakan metode Debt Snowball biar hutang cepat lunas. Baca Cara Penyelesaian Kredit Macet Bank BRI

Supaya Anda terhindar dari hutang, pakailah cara jitu dalam kelola keuangan. Demikian ulasan akibatnya dari kalau tidak bayar hutang ke bank. Semoga hal ini bisa bermanfaat!

Advertisements