Mengajukan Pinjaman Bank Syariah Mandiri untuk Renovasi Rumah

Renovasi rumah adalah salah satu cara mendapat rumah idaman. Daripada membeli rumah baru, mending merenovasi rumah yang sudah ada. Untuk renovasi rumah pun tidak perlu lama-lama menabung, apalagi mengingat bahwa nilai uang yang ditabung kian menyusut tiap tahunnya.

Pinjaman uang untuk renovasi rumah bisa menjadi solusi. Apabila anda mencari pinjaman uang renovasi rumah yang syariah, maka bisa mencoba di Bank Syariah Mandiri.

Advertisements

Nama pinjaman yang dapat diajukan ialah Pembiayaan Implan. Selain untuk renovasi rumah, pembiayaan ini dapat digunakan untuk keperluan konsumtif atau membeli motor.

Yang perlu diketahui ialah pembiayaan ini dapat diajukan secara kolektif bersama rekan kerja, melalui perusahaan tempat bekerja. Minimal 1 kelompok pemohon berisikan 10 orang nasabah atau minimal nominalnya ialah Rp 100 juta.

Pembiayaan ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan, khususnya perusahaan yang tidak memiliki koperasi untuk karyawan. Karena dapat memfasilitasi pinjaman untuk karyawannya melalui Pembiayaan Implan ini. Baca Lihat Ini Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru

Berikut ialah fitur-fitur yang terdapat dalam pembiayaan Implan :

  1. Limit pembiayaan minimal ialah Rp 5 juta dan maksimal Rp 250 juta tiap nasabah. Apabila nasabah meminjam tanpa memberikan agunan, maka maksimal pinjamannya ialah Rp 50 juta. Namun, apabila pinjaman tanpa agunan diajukan oleh nasabah yang berstatus PNS, BUMN, TNI POLRI, maka maksimal pinjamannya ialah Rp 100 juta.
  2. Bagi nasabah yang meminjam tanpa agunan dengan limit maksimal Rp 50 juta, dapat mengembalikan sampai 3 tahun saja.
  3. Bagi PNS, BUMN, TNI POLRI yang meminjam tanpa agunan dengan limit maksimal Rp 100 juta, dapat mengembalikan sampai 5 tahun.
  4. Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, limit pinjamannya adalah Rp 50 juta sampai Rp 250 juta dan dapat dikembalikan sampai 5 tahun. Usia kendaraan maksimal sampai pembiayaan berakhir adalah 10 tahun.

Akad yang digunakan pada pembiayaan ini ialah akad murabahah, atau transaksi jual beli. Artinya, Bank Mandiri Syariah memberikan pinjaman kepada nasabah, dengan mengambil margin keuntungan. Margin keuntungan ini sifatnya transparan, atau diketahui betul oleh nasabah, yang kemudian juga menyetujuinya. Baca Pelunasan Kredit Motor Adira Sebelum Waktunya

Advertisements

Untuk saat ini, belum ada informasi resmi dari website Mandiri Syariah, tentang persyaratan yang harus disiapkan untuk dapat mengajukan pinjaman ini.

Namun, biasanya syarat dokumen yang harus dipenuhi antara lain, KTP, KK, akta nikah, surat rekomendasi dari perusahaan, slip gaji asli, dan dokumen agunan. Namun begitu, untuk memperoleh informasi akuratnya, ada baiknya untuk menanyakan hal tersebut kepada customer service Bank Mandiri Syariah.

Itulah informasi mengenai pembiayaan renovasi rumah dari Bank Mandiri Syariah.

Pembiayaan Griya untuk Membeli Rumah Baru atau Bekas

Bank Mandiri Syariah juga mempunyai pinjaman khusus untuk pembelian rumah, yang disebut dengan Pembiayaan Griya. Pembiayaan ini hanya dapat digunakan untuk pembelian rumah dan tidak dapat digunakan untuk renovasi. Dengan pembiayaan ini, nasabah bisa membeli rumah baru atau bekas yang ada di lingkungan developer.

Kelebihan dari pinjaman ini ialah pembayaran angsurannya tidak berubah sampai pinjaman dilunasi. Jangka waktu pinjamannya terdapat 3 jenis, yakni jangka pendek, menengah dan panjang. Akad yang digunakan merupakan murabahah. Dengan begitu, nasabah tahu persis berapa margin yang diambil sebagai keuntungan oleh Bank Mandiri Syariah.

Yang dapat mengajukan pinjaman ini ialah WNI yang telah cakap hukum alias berusia 21 tahun dan maksimal berumur 55 tahun pada saat pembiayaan telah berakhir. Adapun syarat dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman ini adalah : Baca Melihat Penalti Pelunasan Kredit Mandiri

  1. Fotokopi KTP pemohon
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi surat nikah (apabila sudah menikah)
  4. Slip gaji asli dan surat keterangan kerja
  5. Fotokopi tabungan atau rekening koran selama 3 bulan terakhir
  6. Fotokopi NPWP (khusus untuk pembiayaan di atas Rp 50 juta)
  7. Fotokopi rekening telepon dan listrik
  8. Fotokopi SHM atau SHGB
  9. Fotokopi IMB serta denah bangunan
  10. Surat pernyataan nasabah tentang fasilitas pembiayaan yang diterima atau sedang diajukan di Bank Mandiri Syariah atau di bank yang lain.
Advertisements