Mengenal Lebih Dalam tentang SLIK OJK Akulaku

Meminjam dana maupun kredit barang melalui perusahaan fintech adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pembiayaan online dengan mudah dan cepat tanpa perlu jaminan. Salah satunya Akulaku yang sudah terdaftar di OJK. Nah, dengan begitu Akulaku bisa melihat riwayat kredit kamu melalui SLIK OJK Akulaku.

Perlu kamu ketahui, data SLIK OJK Akulaku mempengaruhi diterima atau tidaknya pinjaman ataupun kredit yang kamu lakukan. SLIK OJK Akulaku mengawasi aktivitas keuangan nasabah, baik peminjaman maupun pembayaran kredit. Jika riwayat kredit kamu bagus, maka pinjaman/ kredit kamu juga lebih mudah disetujui oleh perusahaan fintech.

Advertisements

 

1. Apa itu SLIK?

Sebelum membahas SLIK OJK Akulaku, ada baiknya untuk diketahui terlebih dahulu apa itu SLIK dan fungsinya. SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) adalah sistem Informasi yang bertugas untuk mengawasi dan menampilkan informasi keuangan perusahaan fintech/ bank/ jasa lain melalui OJK.

Informasi ini berupa informasi tentang debitur beserta riwayat kreditnya. Apakah selalu membayar tepat waktu, pernah menunggak berbulan-bulan, atau mungkin tidak bertanggung jawab dengan berhutang lalu menghilang tanpa jejak. Nah, informasi ini dapat diakses oleh semua penyedia layanan pembiayaan yang terdaftar di OJK

Advertisements

Dulu, informasi keuangan ini dikelola oleh Bank Indonesia dengan nama BI Checking. Tugasnya sama dengan SLIK yaitu untuk melakukan pengawasan dan layanan informasi debitur. Bedanya, jika BI Checking hanya untuk bank dan lembaga pembiayaan. Sedangkan SLIK memungkinkan lembaga-lembaga lain yang juga menyediakan pinjaman dan kredit bisa mengetahui riwayat calon debitur.

2. Cara check SLIK OJK Akulaku

Sebagai sebuah perusahaan fintech yang memiliki banyak nasabah tentu Akulaku sudah terdaftar di OJK dan bisa melihat informasi calon debitur di SLIK OJK Akulaku. Jika kamu adalah debitur di Akulaku, kamu bisa juga melihat informasi riwayat kredit kamu di Akulaku melalui SLIK OJK Akulaku.

Caranya, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu SLIK OJK secara offline. Jika untuk individu kamu hanya perlu membawa KTP. Tapi untuk badan usaha kamu perlu membawa tanda daftar dan akta perusahaan, anggaran dasar termasuk juga susunan pengurus, NPWP, dan KTP, jangan lupa dibubuhi dengan materai 6000

Nah, setelah itu kamu bisa mendapat riwayat kredit yang kamu lakukan di bank/ jasa peminjaman manapun, termasuk SLIK OJK Akulaku. SLIK ini berguna untuk kamu, diantaranya untuk mengetahui berapa banyak yang harus dilunasi, besarnya bunga, juga untuk mempertahankan riwayat kredit yang baik, karena juga terdapat riwayat pembayaran cicilan selama ini.

Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang SLIK OJK Akulaku yang mungkin bisa memotivasi kamu untuk terus menorehkan riwayat kredit yang baik. Agar ketika mengajukan pinjaman, ajuan kamu bisa disetujui oleh bank/ perusahaan fintech.