Pemula Cara Bayar Pegadaian Lewat ATM

Informasi seputar pegadaian belakangan ini memang cukup banyak yang mencarinya dan salah satu yang kerap menjadi pertanyaan adalah mengenai bisakah bayar pegadaian lewat ATM. Pada umumnya, nasabah pegadaian yang hendak membayarkan cicilan pegadaiannya akan langsung mendatangi outlet pegadaian yang ada di kotanya.

Setelah itu mereka tinggal mengambil nomor antrean sambil menunggu dipanggil kemudian membayarkan cicilannya. Jadi tidak ubahnya seperti sedang membayar tagihan telepon, PDAM, atau tagihan listrik.

Advertisements

Cara Membayar Cicilan Pegadaian Melalui ATM

Meski melakukan pembayaran cicilan dengan membayarkannya langsung di outlet pegadaian itu tidaklah rumit, namun bagi sebagian orang cara konvensional yang seperti ini dirasa kurang praktis. Sebab bisa saja mereka yang mau membayarkannya kebetulan sedang dinas di luar kota, atau sedang ada kegiatan lain yang tidak mungkin untuk ditinggalkan.

Baru free pada saat jam operasional outlet pegadaiannya berakhir jadi tetap saja percuma apalagi ada tenggat waktu pembayarannya juga. Kalau sampai telat dalam membayarkan tagihan cicilannya maka bisa dikenai penalti atau denda.

Dari pihak pegadaian sendiri tentu saja tidak ingin mempersulit para nasabah mereka dengan mengharuskan pembayaran dilakukan secara offline. Kalian pun bisa melakukan pembayaran cicilan ini dengan metode lain seperti menggunakan m-banking, internet banking sampai bayar pegadaian lewat ATM.

Benar sekali melalui ATM juga bisa, dan lagi saat ini memang sudah lazim untuk membayar tagihan-tagihan dengan memanfaatkan layanan perbankan dari ATM, i-banking dan m-banking. Bagi yang ingin mencoba membayar tagihan pegadaian kalian melalui ATM, berikut adalah tata caranya.

Advertisements
  • Cari Tahu Dulu Kode Pembayaran Angsurannya

Langkah yang paling utama di sini adalah dengan memastikan kalau kalian sudah mendapatkan atau sudah mengetahui kode pembayaran angsuran kalian. Untuk kode pembayaran ini dapat kalian ketahui melalui semua outlet-outlet pegadaian. Baca Bahaya Lewat Tanggal Jatuh Tempo Angsuran Pegadaian

Kalian tinggal serahkan saja nomor akad pembiayaannya dan sebutkan juga nomor identitas pelanggan kalian. Kalau sudah mendapatkan kode pembayaran tagihannya barulah kalian bisa memulai proses transfer via ATM dan kali ini kami contohkan pembayaran via ATM Bank Permata.

  • Memulai Proses Transfer Pembayaran Pegadaian

Setelah kalian berada di depan mesin ATM, maka kalian tinggal memilih menu transfer untuk Bank Permata dan untuk kode banknya adalah 013. Selanjutnya kalian tinggal memasukkan kode 8580 yang kemudian diikuti dengan memasukkan kode pembayaran yang sudah kalian terima sebelumnya.

Langkah berikutnya, kalian tinggal memasukkan besaran cicilan kalian per bulannya dan lakukan proses transfer. Jangan lupa juga untuk menyimpan struk pembayaran cicilan dari ATM tadi sebagai bukti pembayaran sudah kalian lakukan.

Itulah tata cara untuk bayar pegadaian lewat ATM Bank Permata dan bagi yang memakai bank lain juga bisa. Tinggal pilih sama menu transfer ke bank lain dan masukkan kodenya jadi sama-sama mudahnya. Pembayaran melalui ATM ini bisa menjadi alternatif kalau kalian memang kondisinya tidak memungkinkan untuk mendatangi outlet pegadaiannya secara langsung karena ada kegiatan lain.

Jadi bagaimana ternyata mudah sekali bukan untuk melakukan pembayaran tagihan pegadaian kalian lewat ATM. Pastikan untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu dan jangan sampai telat meski hanya telat sehari. Baca Gadai Motor Tanpa BPKB Apa Disetujui Pegadaian

Sebab keterlambatan dalam pembayaran tagihan ini bakal dikenai denda dan kalian tentu tidak ingin sampai dikenai denda. Demikian informasi mengenai bayar pegadaian lewat ATM yang bisa kalian coba praktikkan dan nantikan informasi menarik yang lainnya.