Pengalaman Cara Negosiasi Hutang Bank

Ada banyak sekali masalah yang bisa untuk mempengaruhi seorang debitur karena terlambatnya melakukan pembayaran cicilan. Misalnya, karena telah mengalami masalah kesehatan sehingga harus membutuhkan banyak biaya dan akhirnya terlambat untuk membayar angsuran.

Jika sering melakukan pelanggaran tersebut, maka bisa jadi Anda akan dinilai buruk ataupun lebih tepatnya memiliki track record yang buruk di mata bank.

Advertisements

Untuk mengatasi hal tersebut maka disini Anda perlu untuk melakukan beberapa langkah negosiasi hutang tersebut dengan pihak bank. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa lebih terarah dalam melakukan pinjaman berupa hutang ke bank.

Lakukan Negosiasi dengan Bank

Cara negosiasi hutang bank yang bisa Anda lakukan saat Anda mengalami kendala dalam hal membayar angsuran hutang yaitu menghubungi pihak bank untuk melakukan negosiasi. Disini Anda bisa menjelaskan tentang keadaan Anda. Berikan alasan yang logis ataupun masuk akal agar mereka mau untuk menerimanya.

Anda bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan pihak bank untuk bisa mencari atau menempuh jalan keluar yang tepat. Adanya iktikad baik dari Anda dengan datang ke bank dan menjelaskan kondisi Anda maka disini Anda akan dinilai lebih bertanggung jawab.

Selain itu pula, pihak bank juga pasti akan bisa sangat membantu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah yang Anda alami. Bahkan, Anda juga bisa untuk meminta keringanan agar tidak dikenakan denda saat akan membayar angsuran nanti. Baca Cara Penyelesaian Kredit Macet Bank BRI

Bertemu dengan Bank untuk Mediasi

Cara negosiasi hutang bank yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah hutang bank yaitu melakukan mediasi dengan bank atau lebih tepatnya mediasi perbankan. Cara melakukan mediasi ini yaitu Anda harus melakukan beberapa persyaratan.

Misalnya, Anda membuat permohonan tertulis sesuai dengan format yang sudah ada agar bisa dilakukan investigasi dan juga dilanjutkan mediasi perbankan. Pada umumnya, untuk mediasi perbankan ini pasti mengikutsertakan Bank Indonesia (BI) sebagai penengah.

Nantinya dalam proses mediasi ini Anda akan diberikan 3 pilihan ataupun cara untuk melunasi hutang.

Advertisements
  • Rescheduling, yaitu dalam pilihan ini Anda akan mendapatkan jadwal untuk bisa membayar angsuran dan juga jadwal terakhir untuk melunasi utang.
  • Reconditioning, yaitu dalam pilihan ini Anda akan mendapatkan sebuah perubahan syarat kredit dan juga perubahan dalam jadwal pelunasan utang dengan jangka waktu tertentu.
  • Restructuring, dalam pilihan ini maka Anda akan ditawarkan untuk mengubah pembiayaan. Pada pilihan ini juga, maka pihak bank bisa untuk menurunkan bunga agar Anda mampu menyelesaikan utang dengan cepat dan bahkan terbebas dari bunga bank.

Jika Masih Butuh Pinjaman, Sebaiknya Ditunda Dulu

Cara negosiasi hutang bank berikutnya yaitu jika Anda masih butuh pinjaman maka sebaiknya ditunda dulu. Beberapa orang biasanya menganggap cara terbaik untuk melunasi hutang itu adalah meminjam atau mengajukan lagi pinjaman. Jika Anda melakukan hal ini, maka masalah satu selesai dan muncul lagi masalah yang lainnya.

Jangan membiasakan diri berhutang hanya untuk membayar hutang yang lain. Sebab justru hal ini bisa akan memberatkan Anda. Selesaikan dulu apa yang menjadi kewajiban Anda dengan benar dan sesuai dengan aturan. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak mengalami kesulitan untuk melunasi tanggungan yang ada.

Bayar Hutang dengan Hasil Jual Aset yang Ada

Cara negosiasi hutang bank berikutnya yaitu dengan menjual beberapa aset yang dimiliki. Memang hal seperti ini akan terasa berat. Namun, ini akan menjadi salah satu pilihan agar tidak Anda terjerat dengan hutang lebih besar lagi. Anda bisa menjual mobil, rumah, dan lain sebagainya untuk bisa menutup hutang Anda pada bank.

Anda juga bisa menyerahkan proses penjualan aset tersebut pada bank. Nantinya bank yang akan melakukan penjualan serta membuat sebuah perjanjian, seperti tanda terima fisik agunan yang sudah Anda berikan. Apabila aset sudah terjual, nanti hasil dari penjualan tersebut akan digunakan untuk melunasi semua hutang Anda di bank tersebut.

Membayar angsuran tepat waktu merupakan kewajiban bagi seorang debitur. Jika Anda merasa kesulitan untuk melunasi angsuran, maka segeralah cari cara negosiasi hutang bank dengan segera menghubungi pihak bank dan berikan alasan yang tepat agar mereka bisa mencari solusi terbaik untuk Anda.

Advertisements