Pengalaman Menebus Motor Yang Ditarik Leasing

Kendaraan bermotor saat ini bukanlah barang kebutuhan sekunder melainkan sudah menjadi kebutuhan primer. Mengingat harga kendaraan roda dua ini yang tidak bisa dikatakan murah karena barunya mencapai angka 15 jutaan lebih, tidak sedikit yang memutuskan untuk membeli dengan cara kredit.

Bagi yang berencana membeli motor secara kredit, perlu tahu juga bagaimana cara menebus motor yang ditarik leasing. Informasi yang satu ini sekiranya memang cukup penting sebab siapa pun tentu tidak ingin sampai menunggak pembayaran kredit kendaraannya.

Advertisements

Namun terkadang ada saja sesuatu hal yang membuat para nasabah sampai menunggak pembayaran yang berujung dengan penyitaan.

Alur Penarikan Kendaraan Oleh Pihak Leasing

Pengalaman Menebus Motor Yang Ditarik Leasing

Adanya kredit kendaraan ini memang memudahkan kita untuk memiliki kendaraan baik yang kondisinya baru maupun second. Tetapi yang mesti diingat adalah ada biaya cicilan kendaraan yang tiap bulannya wajib dibayarkan sesuai dengan jangka waktu kredit yang diambil.

Sedari awal pada saat pengajuan kredit, dari pihak leasing tentu sudah menjelaskan apa yang menjadi konsekuensi jika nanti nasabah sampai menunggak. Jadi sebelum kita membahas cara menebus motor yang ditarik leasing terlebih dahulu akan dijelaskan seperti apakah alur penarikan kendaraan motor yang menunggak ini oleh pihak leasing itu sendiri.

Pada saat nasabah menunggak, dari perusahaan leasing tidak akan langsung melakukan eksekusi penarikan kendaraan milik nasabah yang bersangkutan. Umumnya dari pihak leasing memiliki batas waktu sampai kendaraannya nanti bakal dieksekusi. Baca Telat Bayar Cicilan Motor FIF Apakah Langsung Di Tarik

Advertisements

Saat ada penunggakan, pihak nasabah akan dihubungi oleh leasing dan diingatkan untuk membayar tagihannya melalui SMS atau telepon lebih dahulu. Barulah jika sampai lebih dari dua bulan masih belum dibayarkan untuk tunggakan cicilannya, pihak leasing akan menarik kendaraannya. Untuk melakukan penarikan, ada pihak debt collector yang akan mendatangi tempat tinggal nasabah.

Apa Yang Mesti Dilakukan Ketika Kendaraan Ditarik

Kalau sampai kendaraan ditarik akibat menunggal sampai tiga bulan, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Jadi untuk cara menebus motor yang ditarik leasing akan kita bahas di akhir dan lebih dulu lakukan hal berikut saat kendaraan kalian ditarik leasing : Baca Benar Gak Motor Ditarik Leasing Hutang Lunas

  • Mintalah Surat Penarikan

Dari pihak debt collector pastinya tidak akan melakukan eksekusi secara sembarangan dan mereka juga disertai dengan surat perintah untuk menarik kendaraan yang diberikan pihak leasing. Mintalah surat tersebut dan teliti dengan baik-baik apakah dalam surat tersebut tertera kendaraan kalian. Ini untuk menghindari penipuan yang dilakukan oknum-oknum yang mengaku sebagai debt collector.

  • Tanyakan Juga Sertifikat Fidusia

Selain surat penarikan, kalian juga bisa menanyakan sertifikat fidusia dan adanya sertifikat ini berguna pada saat kalian akan menebus kendaraan yang ditarik pihak leasing tadi. Harusnya dari pihak debt collector juga menyertakan sertifikat ini selain surat penarikan.

  • Mintalah History Payment

Tidak ada salahnya bila kalian meminta ditunjukkan history payment atau riwayat pembayaran cicilan. Dengan begitu akan diketahui dengan jelas sudah berapa lama kalian menunggak dan history payment juga berguna jika kalian merasa telah membayar tagihan secara rutin tetapi tetap didatangi debt collector.

  • Mesti Ada BAPK

Yang tak boleh ketinggalan adalah pihak debt collector harus membawa BAPK atau Berita Acara Penarikan Kendaraan. Dokumen tersebut juga ditandatangani oleh perusahaan dan juga pengguna jasa kredit. Baca Gadai Motor Tanpa BPKB Apa Disetujui Pegadaian

Untuk cara menebus motor yang ditarik leasing ini kalian mesti mendatangi perusahaan leasingnya kemudian menyelesaikan administrasinya. Dari pembayaran denda keterlambatan, bunga, dan cicilan yang mana ini cukup memakan waktu. Namun pihak leasing dengan senang hati siap melayani nasabah mereka yang serius ingin menebus kendaraan dengan menyelesaikan administrasinya.