Update Syarat Mengajukan Pinjaman BRI Untuk Usaha

Saat ini masyarakat mulai berkembang tidak hanya bekerja sebagai karyawan di kantor saja tetapi membuka usaha sendiri. Umumnya, untuk membuka usaha harus memiliki modal yang tidak sedikit. Tetapi tidak semua orang mempunyai modal sendiri.

Salah satu cara untuk memperoleh modal membuka usaha adalah dengan mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan seperti bank. BRI menyediakan pinjaman modal yang dapat digunakan untuk usaha, baik membuka usaha maupun penambahan modal.

Advertisements

Peminjaman modal usaha di BRI cukup mudah asal memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Yang paling penting adalah memiliki kondisi keuangan cukup sehat.

BRI memiliki program khusus peminjam dana untuk usaha yang disebut Kredit Usaha Rakyat atau yang disingkat KUR. Kredit Usaha Rakyat pada BRI terbagi menjadi empat bagian. Berikut ini syarat mengajukan pinjaman pada Bank Rakyat Indonesia untuk modal usaha:

Kredit Usaha Rakyat Mikro

Kredit Usaha Rakyat Mikro disediakan untuk individu atau pribadi. Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki KK dan tanda pengenal seperti KTP atau SIM. KK dan tanda pengenal harus dipastikan legal. Individu yang telah mempunyai usaha produktif dan berjalan minimal dalam 6 bulan dapat mengajukan pinjaman jenis ini. Baca Mengajukan Pinjaman Bank Syariah Mandiri untuk Renovasi Rumah

Plafon pinjaman modal untuk KUR Mikro sebesar maksimal 20 juta dengan suku bunga maksimal 22% per tahun. Suku bunga ini paling besar di antara KUR lainnya. Jangka waktu maksimal peminjaman antara 3 sampai 5 tahun tergantung jenis yang diambil.

Untuk KMK jangka waktu maksimal peminjaman selama 3 tahun. Sedangkan untuk KI jangka waktu waktu maksimal peminjaman selama 5 tahun.

Untuk agunan yang dipakai dapat merupakan agunan pokok sepanjang sesuai dengan cashflow. Untuk agunan tambahan sesuai dengan ketentuan bank. Jika ingin melakukan perpanjangan, restruktur maupun suplesi maksimal 6 tahun untuk KMK dan maksimal 10 tahun untuk KI. Itulah syarat mengajukan pinjaman mikro pada Bank Rakyat Indonesia untuk modal usaha.

Kredit Usaha Rakyat Ritel

KUR ini diperuntukkan bagi koperasi, kelompok atau individu. Syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah mempunyai usaha berjalan minimal 6 bulan.

Selain itu harus memberikan data diri. Untuk koperasi memberikan data yang terkait dengan pendirian koperasi. Pengajuan bagi kelompok memberikan Surat Keterangan Kepala Desa atau Surat Pengukuhan. Sedangkan untuk individu memberikan KTP dan KK.

Advertisements

Plafon kredit untuk KUR Ritel sebesar 20 juta hingga 500 juta dengan suku bunga efektif minimal 14% per tahun. Batas maksimal waktu pengajuan kredit selama 3 tahun untuk KMK dan 5 tahun untuk KI.

Jika ingin memperpanjang, restruktur dan suplesi dapat mengajukan maksimal 6 tahun untuk KMK dan 10 tahun untuk KI. Agunan yang diberikan untuk pengajuan kredit dapat berupa agunan pokok sesuai cashflow. Baca Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan Kontrak

Kredit Usaha Rakyat Linkage Program atau Executing

Bagi koperasi sekunder, kelompok usaha, LKM, Lembaga Keuangan Non Bank, BPR atau BPRS, USP atau KSP dan BKD dapat mengajukan kredit jenis ini. Namun tidak sedang menerima kredit dari pemerintah.

Plafon yang diberikan maksimal 2 miliar sedangkan ke end user diberikan maksimal 100 juta. KUR jenis ini menetapkan suku bunga maksimal sebesar 14% per tahun dan suku bunga lembaga ke UMKM sebesar 22 % per tahun.

Syarat mengajukan pinjaman ke BRI dapat menggunakan agunan pokok piutang nasabah. Jangka waktu kredit yang diberikan dari bank adalah 3 tahun untuk KMK dan 5 tahun untuk KI.  Apabila akan melakukan perpanjangan, restruktur dan suplesi dapat mengajukan jangka maksimal 6 tahun untuk KMK dan 10 tahun untuk KI.

Kredit Usaha Rakyat Linkage Program atau Channelling

Untuk calon debitur end user yang sedang tidak menerima kredit dari pemerintah dapat mengajukan KUR jenis ini. Dengan suku bunga dan plafon kredit yang disesuaikan ketentuan kredit mikro dan ritel. Agunan pokoknya menggunakan piutang nasabah.

Jangka waktu maksimal untuk kredit selama 3 tahun  bagi KMK dan 5 tahun bagi KI. Sedangkan jika perpanjangan, restruktur dan suplesi dapat mengajukan maksimal 6 tahun untuk KMK dan 10 tahun untuk KI. Baca 5 Lokasi Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan Proses Mudah

Itulah beberapa jenis kredit untuk modal usaha yang dapat dilakukan oleh individu, koperasi dan kelompok usaha melalui BRI. Syarat mengajukan pinjaman BRI sangat mudah yang memang untuk membantu memberikan modal usaha. Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman modal usaha dapat mengajukan ke BRI dan mengumpulkan data yang dibutuhkan.